Membangun Mimpi Anak-anak Kota Hujan - Program

Banyak pihak beranggapan kalau kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari harapan, khususnya untuk masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok desa. Akses untuk menikmati standar pendidikan yang ideal sangatlah terbatas karena infrastruktur yang kurang memadai. Begitu banyak sekolah dan sarana belajar mengajar tidak terkelola dengan baik sehingga mengganggu aktivitas anak-anak. Bahkan di beberapa daerah, masyarakatnya sama sekali tidak memiliki sarana belajar mengajar, seperti yang terlihat di Desa Babakan, Bogor. Ketiadaan bangunan sekolah di desa tersebut mendorong seorang relawan bernama Hadi Surya dan beberapa rekannya untuk mendirikan Sekolah SMP dan SMA yang dinamai Cendekia di desa tersebut.

 
SMP-SMA Cendekia merupakan sekolah gratis bagi anak-anak pinggiran yang terletak di desa Babakan, Ciseeng, Bogor. Lokasi sekolah memang tidak jauh dari Jakarta, tetapi pendidikan berkualitas menjadi barang yang amat mahal karena tidak terjangkau oleh masyarakat di desa itu. Keberadaan sekolah Cendekia membawa begitu banyak harapan dan perubahan bagi anak-anak Babakan. Biasanya setelah lulus SD, anak-anak desa jarang melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi dan lebih memilih untuk menikah atau membantu orang tuanya mencari nafkah. Namun sekarang anak-anak menyadari betapa pentingnya bersekolah. Halangan materi yang selalu menghadang para pengurus sekolah sudah bukan alasan untuk tidak menyediakan pendidikan berkualitas bagi generasi penerus bangsa. 
 
Semangat dari para murid dan perjuangan serta keikhlasan dari para guru menginspirasi Monex m.a.d. untuk mendukung upaya perbaikan kualitas pendidikan di SMP-SMA Cendekia. Pada tanggal 17 Oktober 2014, Monex m.a.d mengirimkan buku-buku ilmu pengetahuan sebagai bahan referensi siswa untuk belajar. Sambutan hangat dan ekspresi kegembiraan ditunjukkan oleh seluruh siswa dan guru yang hadir pada hari itu. 
 
Monex m.a.d. percaya bahwa anak-anak di desa Babakan memiliki potensi yang sama dengan anak-anak yang tinggal di perkotaan. Mereka tidak kalah cerdas. Hanya saja fasilitas yang kurang memadai telah menciptakan kesenjangan dalam kualitas pendidikan yang diterimanya. Adalah tugas kita untuk membantu masyarakat yang kehilangan akses pendidikan di pelosok-pelosok daerah.

Monex M.A.D -


Copyright © 2017 Monex Investindo Futures. Allright Reserved | www.mifx.com