Perpustakan Inklusif Bagi Anak-anak di Cirebon - Program

Penyakit atau gangguan kesehatan lain seharusnya tidak menjadi penghalang bagi setiap orang untuk meraih cita-citanya. Demikian pula dengan mereka yang menderita penyakit kusta di berbagai wilayah Indonesia. Di Kabupaten Cirebon, tercatat lebih dari 4.000 kasus kusta menjangkiti warga dari berbagai usia. Dari sejumlah kasus baru yang dilaporkan, sebanyak 16 kasus diderita oleh golongan anak-anak sehingga banyak dari mereka yang berhenti sekolah karena malu bergaul dengan teman sebaya. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan dan harus secara cepat dicari jalan keluarnya.
 
Monex m.a.d, yang mendapat hasil temuan tadi dari Pusat Kajian Disabilitas FISIP UI, berinisiatif merenovasi sebuah ruangan untuk dijadikan perpustakaan di daerah tempat tinggal anak-anak penderita kusta. Sumber ilmu pengetahuan tersebut kemudian dinamai 'Perpustakaan Inklusif bagi Anak-anak'. Kata 'inklusif' sendiri mencerminkan tujuan berdirinya perpustakaan ini, yaitu sebagai tempat di mana semua anak-anak bisa bermain bersama tanpa membedakan kaya dan miskin maupun sehat atau sakit.
 
Ruang Perpustakaan Inklusif bagi Anak-anak ini terletak di dua lokasi Kabupaten Cirebon yaitu di Desa Durajaya, Kecamatan Greged dan Desa Warujaya, Kecamatan Depok. Acara peresmiannya sukses dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2013 oleh Branch Manager PT Monex Investindo Futures cabang Cirebon, Ibu Lioni Wahyuningsih, serta rekan-rekan dari Monex cabang Cirebon. Tidak hanya renovasi ruang perpustakaan, Monex m.a.d juga menyumbangkan 150 buku cerita ke masing-masing perpustakaan. Monex m.a.d berharap ruang perpustakaan ini dapat berguna bagi anak-anak sehingga mereka bisa berbaur dan tidak malu lagi untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Meskipun harus menderita penyakit yang tidak biasa, Monex m.a.d berharap anak-anak tersebut kelak bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi negara. Maju terus anak Indonesia!

Monex M.A.D -


Copyright © 2019 Monex Investindo Futures. Allright Reserved | www.mifx.com